PEMBERDAYAAN POKTAN TIMUN SURI TAHUN 2022
Kamis, 01 April 2022 23:21:51
DESA BANYU ASIH
PEMBERDAYAAN POKTAN TIMUN SURI TAHUN 2022

Banyu Asih, 18 Maret 2022

Salah satu Icon Desa Banyu Asih adalah Buah Timun Suri yang menjadi Primadona disaat Bulan Suci Ramadhan,Maka dari Perihal tersebut Kelompok Tani Haltikultura Timun suri sudah menjadi rutinitas untuk membudidayakan Tanaman Timun Suri yang orang kebanyakan sering disebut sebagai Bonteng Tegal Kunir

demi menunjang Kegiatan Poktan Timun suri Pemerintah Desa Turut mendukung dalam upaya pembudidayaan Timun Suri dengan mengadakan Penyuluhan dan bantuan pupuk seta obat2n bagi poktan Timun Suri di Desa Banyu Asih Kecamtan Mauk Kabupaten Tangerang

dalam kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Desa Banyu Asih AHMAD HARIRI, Pendamping Pertanian dari BPP TEKUN Bpk AGUS WIJAYA, Binamas Desa Bpk. CHANDRA,Babinsa Bpk. Kusfi dan Juga Beberapa Anggota Poktan Timun Suri.

Manfaat Timun suri sangat Luar Biasa,memiliki Kandungan Banyak Manfaatnya.

Mentimun suri kaya akan nutrisi sehingga sangat mungkin berpotensi baik untuk kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai aturan.

Bila dilihat dari kandungan gizinya, di bawah ini beberapa manfaat yang mungkin bisa Anda dapatkan dari timun suri.

1. Membantu mencukupi cairan tubuh

Ada beberapa alasan kenapa timun suri sangat populer di bulan Ramadan.

Pertama, rasa timun suri yang menyegarkan dan lembut dapat memanjakan lidah ketika berbuka. Kedua, rasanya yang hambar mirip alpukat, cocok jika ditambahkan dengan sirup dan susu.

Di antara alasan tersebut, perlu Anda ketahui bahwa timun suri kaya akan air. Selama bulan puasa, Anda tidak makan dan minum setidaknya 12 hingga 13 jam dalam sehari.

Dalam mode tersebut, tubuh tentu akan kehilangan banyak cairan. Nah, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini, timun suri bisa jadi memenuhi asupannya.

2. Mencegah sekaligus mengatasi sembelit

Manfaat timun suri yang umumnya banyak diketahui adalah dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Sama seperti buah lainnya, timun suri mengandung serat.

Setiap hari, Anda setidaknya perlu mendapatkan serat sekitar 20 hingga 30 gram. Nah, kebutuhan serat ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi timun suri.

Serat yang terkandung dari mentimun suri dibantu dengan konsumsi air putih yang mencukupi akan membuat feses jadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh.

Anda tentu akan terhindar dari sembelit. Jika pada saat itu sedang sembelit, konsumsi buah dan air yang ditingkat bisa membantu mengatasi gejalanya.

Konsumsi serat juga bisa membantu perut kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

3. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Timun suri mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Bahan aktif pada timun suri ini memberi manfaat perlindungan yang melimpah.

Mengutip situs Mayo Clinic, antioksidan yang terkandung pada jenis vitamin ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Molekul berbahaya ini dihasilkan tubuh ketika memecah zat gizi makanan, paparan sinar matahari, atau asap rokok.

 

Paparan radikal bebas pada tubuh bisa menimbulkan peradangan yang dapat meningkatkan risiko banyak penyakit, seperti kanker usus, flu atau pilek, penyakit jantung, dan gangguan pada mata.

Bila asupan vitamin C setiap hari terpenuhi lewat timun suri dan buah lainnya, risiko penyakit tersebut dapat menurun.

Menurut Angka Kecukupan Gizi, wanita usia 19 sampai 80 tahun membutuhkan 75 mg vitamin C per harinya. Sementara pria dengan usia yang sama membutuhkan sekitar 90 mg vitamin C per harinya.

4. Menyehatkan tulang

Manfaat timun suri yang satu ini mungkin jarang diketahui. Kebanyakan mengira bahwa manfaatnya hanya didapat dari susu dan produk susu.

Memang, tulang akan tetap sehat jika konsumsi vitamin D tercukupi. Namun, nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya itu saja.

Tulang juga membutuhkan mineral lain, seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Nah, nutrisi tersebut bisa didapat dari timun suri.

5. Menurunkan risiko anemia

Satu lagi kandungan nutrisi timun suri yang memberi manfaat dalam pencegahan anemia, yakni zat besi.

Sekitar 70% zat besi ditemukan di dalam sel darah merah yang disebut hemoglobin, dan di dalam sel otot yang disebut dengan mioglobin.

Hemoglobin sangat penting untuk mengantar oksigen dalam darah dari paru-paru ke jaringan.

Sementara mioglobin, dapat menerima, menyimpan, mengangkut, sekaligus melepaskan oksigen yang terikat oleh hemoglobin.

Bila kadar zat besi dalam tubuh rendah, kondisi ini bisa berujung dengan anemia. Nah, timun suri yang kaya zat besi ini secara tidak langsung dapat membantu menurunkan risiko anemia.

Sekarang sudah paham berbagai manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh? Anda bisa kok mendapatkannya jika buah ini dikonsumsi secara rutin, tapi dalam porsi yang tepat.

Sumber : Portal Digital Desa Banyu Asih

719
Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2024

Data belum diinput

APBDes 2023

Data belum diinput

Realisasi APBDes 2023

Data belum diinput